Thursday, March 24, 2005

Rumah Manis Rumah

Ketika rumahmu jadi sesuatu yang sangat jauh, saat itulah si rumah jadi sesuatu yang sangat berharga. Di saat semua hal yang ada di kepalamu ngga punya jawaban, mungkin rumah punya jawaban; mungkin bukan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan itu, tapi semua itu seakan hilang untuk sementara (seenggaknya sebentar). Waktu sampai di rumah, sebetulnya ngga ada hal khusus yang jadi obat tidur atau penenang, misalnya. Tapi jauh sebelumnya, waktu tol Padaleunyi masih harus ditempuh plus jalan Purwakarta yang penuh truk itu ada di depan mata, rumah jadi seperti layaknya obat gatel yang udah lama dicari dan ngga ketemu-ketemu.
Pernah kepikiran, kenapa dulu teman-teman yang duluan merantau ke kota tetangga segitunya soal balik ke rumah. Bukannya keluar rumah dan tinggal sendiri itu sesuatu yang udah lama banget dicita-citakan? Makanya sampai ikut dua bimbel sekaligus supaya keterima di perguruan tinggi yang di luar kota? Bukannya dulu kemandirian yang dikejar? Bukannya rumah beserta orangtua dan keluarga kita yang tinggal di sana jadi lambang ketidakmapanan dan jauh dari kemandirian? Kenapa sekarang kita jadi mencari itu semua lagi? Kenapa kita jadi ngga ragu lagi untuk bilang 'gw kangen nyokap nih..'? Kenapa kita cerita tentang wejangan bapak kita yang lama ngga kedengeran karena kita jauh dari dia?
Mahasiswa berpikir siapa dirinya. Dan ia tidak menemukan itu di kampus. Tidak di himpunan. Ia menemukan itu di rumahnya. Dan membawa-bawa itu ke mana pun ia pergi. Dan ia dengan bangga bilang, orangtua saya tinggal di Jakarta. Saya kuliah di Bandung. Saya akan pulang dengan nilai bagus dan cerita-cerita kegiatan kemahasiswaannya yang membuat bangga orangtua dan adik-adiknya. Dia mahasiswa perantau Jakarta yang sebenarnya.
Rumah Manis Rumah? Sekaranglah waktunya sadar. Kenapa lari dari rumah?

8 Comments:

Blogger Batari Saraswati said...

bin... baru tahu kalo lo punya blog juga :)
setelah baca tulisan lo, gw jadi makin kangen rumah nih..

April 17, 2005 3:24 PM  
Blogger Floresiana Yasmin said...

hehe... dulu gue suka homesick. sekarang udah ga terlalu. tapi emang bener kok, banyak hal2 yang ga ada di tempat lain selain di rumah. udang tepung bikinan nyokap gue misalnya...

April 18, 2005 2:36 PM  
Blogger Batari Saraswati said...

have already red ur comment... :)
hahaha, makasi bin. itu cita2 terpendam gw. punya buku. pengen. pengen. pengen.
mungkin blog langkah awal gw kali yah. hahaha, butuh banyak doa nih.
anyway, thx a lot. gw dapet suntikan energi PD. rajin2 baca blog gw yap. butuh banyak kritik dan saran.
eh, gw nunggu posting baru di binsblogs :)
makasiiiiiiiiiii...

April 22, 2005 9:39 PM  
Blogger binsblogs said...

one night, i wrote a post on how angry i was. It was when the thought of Pak Anas ngusir anak T-ganjil just came across my mind. But suddenly i did something stupid. I 'ok'ed the dialog box i hadn't read. Everything dissapeared, so i closed the session, went to bed.

Gitu Bat..

April 23, 2005 7:37 AM  
Anonymous Anonymous said...

anjrit bener bgt tuh bin,, bener banget tuh ampe ke detail2nya, semuanya gue alamin disini. gimana gue ama temen2 saling cerita ttg keluarga kita, yang ternyata beda2, dan gue bangga bgt punya keluarga gue yang selama ini gue ga sadar ternyata besar bgt artinya buat gue. juli ini gue bakal pulang dan gue bakal nikmatin banget waktu2 ama keluarga gue (soalnya cuman sebulan..huhuhu), karena sekarang gue tau artinya mereka... kangen...!!!! duh, jd melo gini.. :(

July 23, 2005 6:06 AM  
Blogger Rangga said...

salam kenal =)
ya saya juga merantau..
saya rindu rumah,
tapi saya akan bertahan

July 31, 2005 11:47 PM  
Blogger Desy S. Satria said...

Hey... salam kenal dong... gue desy, gak pernah nge-kos waktu kuliah di Indo, sekalinya pisah sama nyokap took me 30 hours or so... kemana pun lo pergi yg namanya "rumah" tuh gak ada duanya deh....

August 01, 2005 12:57 AM  
Blogger Mona said...

bin...
gak tau rasanya merantau...
niatan juga merantau, yang di Atas berkehendak kuharus tetap di Bandung.
Kadang iri ma perantau-perantau..
tapi kadang bangga dengan bisa bertemu orang tua setiap hari..
hehehe...
Bin, blog lo gw link ya..

August 15, 2005 7:29 PM  

Post a Comment

<< Home