Sunday, December 23, 2007

Kidzania: Menyediakan Sponsor untuk Pendidikan Anak atau Menyediakan Anak untuk dididik Sponsor?

Dibukanya Kidzania di Pacific Place
Dua puluh empat November yang lalu, hadir sebuah alternatif hiburan bagi anak-anak metropolis di Pacific Place, SCBD Jakarta. Kidzania, yang diklaim merupakan sebuah arena belajar interaktif bagi anak, memberikan kesempatan kepada semua anak-anak, mulai 1 hingga 13 tahun untuk menikmatinya. Tentu saja kesempatan ini masih terbatas. Terbatas pada anak-anak yang sanggup mengeluarkan 150 ribu rupiah pada akhir pekannya untuk bermain bersama teman-teman sebaya. Sambil menunggu anak-anaknya menikmati permainan interaktif yang disajikan dengan sangat prima, para orangtua dapat berbelanja atau sekedar menghabiskan waktu di pusat perbelanjaan mewah yang terletak di sentra bisnis Jakarta ini.

Tentang Kidzania
Ide untuk mendirikan Kidzania pertama kali dimunculkan oleh Xavier López Ancona, seorang entrepreneur Meksiko. Pada tahun 1999 Kidzania pertama dibuka di Santa Fe Mall, Mexico City. Mendapatkan respon yang positif dari target pasarnya, Kidzania kedua dan ketiga dibuka di Monterrey, Mexico dan di Tokyo, Jepang.

Sebagai kota metropolitan yang dinilai penuh potensi bisnis, termasuk bisnis hiburan anak, Jakarta dipilih menjadi kota keempat di dunia yang memiliki Kidzania. Sesuai dengan segmen pasarnya, sebuah pusat perbelanjaan mewah baru, Pacific Place yang terletak di SCBD Sudirman, dipilih sebagai lokasi berdirinya Kidzania Jakarta.

Di pusat konsumsi mewah ini Kidzania menawarkan sebuah konsep tempat bermain anak yang baru. Setelah mengantri panjang untuk membeli tiket, di sini anak-anak bebas bermain peran sebagai orang dewasa. Diklaim ada 100+ jenis profesi yang dapat diperankan oleh anak di Kidzania. Mereka bebas untuk memilih peran yang mereka inginkan, dan setiap peran memiliki tanggungjawab masing-masing.

Sebagai contoh, seorang anak bisa berperan sebagai seorang insinyur atau pekerja konstruksi. Dalam perannya sebagai pekerja konstruksi , anak melakukan simulasi kegiatan-kegiatan yang biasa dilakukan oleh pekerja konstruksi sesungguhnya. Tentu, karena memang Kidzania bermaksud untuk memberikan pengalaman kepada anak untuk berperan sebagai orang dewasa, setiap profesi memberikan imbalan yang dapat digunakan untuk konsumsi.

Di tempat yang sama si anak dapat membelanjakan hasil kerjanya untuk berbelanja. Dalam kota miniatur yang sama juga terdapat berbagai macam toko dan pusat perbelanjaan yang memberikan kesempatan anak selain untuk bekerja di tempat-tempat tersebut, juga untuk membelanjakan uangnya. Kidzania memiliki mata uang sendiri yang disebut Kidzos untuk mendidik anak tentang bagaimana ekonomi bekerja.

Tentang Pacific Place
Pacific Place adalah sebuah pusat perbelanjaan eksklusif yang berlokasi di Seattle, Amerika Serikat. Melebihi kecanggihan pendahulunya, Pacific Place di Jakarta mengombinasikan hunian mewah Pacific Place serviced apartment, perkantoran modern One Pacific Place, hotel berbintang lima Ritz-Carlton, dan Pacific Place Mall. Terletak di pusat kawasan niaga Sudirman, Pacific Place merupakan satu landmark tersendiri bagi Jakarta sebagai pusat bisnis dan lifestyle.

Apa yang terjadi di dalam Kidzania?
Berperan dalam sebuah miniatur ekonomi perkotaan, anak-anak dapat memilih ratusan profesi yang tersedia di kota Kidzania. Beberapa di antaranya adalah pemadam kebakaran, pengecat rumah, dokter, perawat, dokter bedah, paramedis, dokter gigi, pekerja konstruksi, insinyur, pilot, pramugari, wartawan koran, penata rambut, pengecat kuku, kasir atau koki resotoran, penjaga SPBU, dan banyak lagi.

Setiap profesi menghasilkan Kidzos yang dapat mereka konsumsi langsung di Kidzania Department Store, Supermarket, atau mereka simpan di bank untuk digunakan apabila mereka kembali ke Kidzania. Anak-anak juga mendapatkan bunga dari Kidzos yang mereka simpan di bank.

Anak-anak juga belajar bahwa untuk menyewa mobil, mendapatkan sim, berlatih mengemudi, atau mencetak foto, misalnya, membutuhkan uang yang harus didapatkan dengan bekerja. Apabila ada pelanggaran hukum yang terjadi di Kidzania, ada pengadilan yang menyelesaikan permasalahan secara hukum. Hukum di dalam Kidzania merupakan hukum khusus yang dibuat untuk anak-anak berdasarkan konsep yang diyakini Kidzania.

Kerjasama Kidzania dengan Sponsor
Untuk menyediakan wahana bermain ini, Kidzania bekerjasama banyak sponsor. Para sponsor diberikan kesempatan untuk langsung berinteraksi dengan alam bawah sadar anak ketika mereka asyik bermain sambil belajar. Anak yang memilih peran sebagai pilot atau pramugari, misalnya, akan bekerja bagi Air Asia. Apabila anak-anak membutuhkan kendaraan, maka Honda akan menyediakan bagi mereka melalui dealer dan rental mobilnya.





(pictures courtesy of ayenm.com)
Entah ada sebuah cara tertentu atau tidak yang dilakukan oleh Kidzania untuk memberikan informasi yang lengkap kepada anak mengenai keberadaan sponsor ini, di kota Kidzania, anak akan merasakan betul bahwa setiap profesi berkaitan erat dengan sebuah nama produsen. Tentunya ini adalah sebuah keadaan yang menguntungkan bagi sponsor, karena ratusan anak yang membayar mahal untuk masuk ke Kidzania siap untuk diekspose ke berbagai company image sesuai keinginan sponsor.

Keberadaan sponsor di dalam kota Kidzania tentunya membuat keadaan kota dan simulasi setiap profesi semakin realistis. Proses pengisian botol air minum sangat menggambarkan proses pengisian yang dilakukan oleh Aqua. Proses pembuatan coklat adalah sebagaimana dilakukan oleh Silver Queen. Belum diketahui apakah Metro, Sogo, atau Debenhams yang akan mendapatkan kesempatan untuk mengajari anak bagaimana sebuah department store bekerja.

Sebuah Cara Baru
Konsep Kidzania adalah sebuah cara baru dalam menanamkan brand image kepada anak-anak. Kidzania meyakini bahwa anak-anak dapat melihat, mendengar, menyentuh, mengecap, mencium dan bahkan membawa pulang kesan yang mendalam akan merek, sehingga tercipta kesadaran, hubungan emosional yang erat, serta kesetiaan merek.

Selain menjual ide revolusioner ini kepada para sponsor, Kidzania juga mengklaim dirinya sebagai tempat yang aman, interaktif dan memiliki unsur pendidikan yang tinggi. Tentunya bagi orangtua yang peduli pendidikan anak, perlu ditelaah lebih jauh pendidikan apa saja yang diberikan kepada anak-anak ketika bermain di dalamnya. Apakah Kidzania menyediakan sponsor untuk pendidikan anak anda atau malah menyediakan anak-anak anda untuk dididik sponsor?


Reference:
http://www.pacificplaceseattle.com/art/11595_eprint.pdf
http://www.kidzania.co.id/ver2/index.php?artid=70&catid=30&mnid=113
http://www.kidzania.co.id/ver2/index.php?catid=33&artid=150&mnid=194&menu=195

Labels: , , ,

12 Comments:

Anonymous Anonymous said...

Untuk Pacific Place, tempat ini membuat bengong banyak orang. Kalau ada kamera di depan pintu keluar dari basement menuju mall, orang akan "terhenyak" melihat tempat pertokoan begitu tinggi!!!!. Apa orang Indo sudah sedemikian kuatnya punya "daya beli" sehingga ada tempat semegah ini???. Apa ya,, yang jadi analisis pengusaha ini, sehingga Jakarta dipilih Pacific Place setelah kota di Amrik, bukan Bangkok, Kualalumpur..

Untuk Kidzania, Rupanya konsep Marketing dibangun dengan dengan menancapkan image pada anak2 yang dapat berkesan panjang... dan tentu akan mempengaruhi orangtuanya atau keluarga. Sistem marketing kapitalis yang luar biasa konsepnya, sehingga sponsor dibayar oleh konsumen,Kidzania meraup keuntungan luar biasa.

December 25, 2007 9:41 AM  
Blogger Unknown said...

fenomena 'menjual anak' demi so-called 'pertumbuhan ekonomi' ala kapitalis ini memang sedang mengakarbumi. tengok guess-kid, yang menjual sepotong baju trendi masa kini untuk anak2 -yang bahkan belum kenal merek- dengan harga gaji sebulan buruh bangunan. juga zara-kid, memanjakan impian ibu-ibu untuk mendapat label fashionista -saking fashionistanya sampai anaknya pun 'dibikin' melek merek.
Kidzania adalah fragmen ironi yang serupa tapi tak sama. menjual pendidikan -dan penitipan anak tentunya- dengan harga selangit, sekedar untuk membuat pagar pembatas antara saya-kaya-anda-tidak-sehingga-anak-anda-tidak-bisa-main-di-tempat-ini. ironi karena 'pendidikan' yang dimaksud adalah memperluas pergaulan dengan sesama anak orang kaya yang lain. seeing is believing, experiencing is everything. bagaimana bisa memupuk kepedulian sosial kalau sejak kecil sudah terkungkung dalam lingkaran brankas emas.
ah, mungkin anak saya nanti saya bawa saja ke Belitong, belajar hidup di sekolah Arai dan Andrea dulu..

December 25, 2007 4:42 PM  
Anonymous Anonymous said...

Hadirnya Kidzania di Jakarta memperjelas 'pendapat lama' bahwa orang Indonesia, khususnya orang2 kaya dan para pejabat di Jakarta adalah ladang subur untuk penjual barang dan jasa. Kelompok berduit ini dikenal sangat royal dalam berbelanja dan sering mengkaitkan jenis produk/tontonan yang dikonsumsinya dengan status sosialnya. Kidzania memang merupakan suatu produk inovatif dan kreatif yang padat modal sehingga hanya dapat dinikmati oleh anak2 yang beruntung. Kapankah anak2 lain yang kurang beruntung dapat menikmati produk rekreasi sejenis ?? Secara sadar atau tidak, memang orang tua mengexpose anak2 mereka ke suatu produk tertentu (sponsor), dan disaat yang sama Kidzania berusaha mengeruk keuntungan juga. Mari kita lihat sampai berapa lama tempat rekreasi mahal ini akan bertahan ??

December 26, 2007 9:11 AM  
Anonymous Anonymous said...

i dont know bin. mo ngomong kidzania cuma buat anak2 orang kaya dulu, my cousins actually went there and they had a great time. i think that's what matters buat anak2, mo mainan gundu atau 'simulasi real world', tetep aja yang penting hati bahagia. i mean, dulu waktu kita kecil, main congklak atau main sega, semuanya kenangan indah toh? well i cant say im really against kidzania..

December 30, 2007 9:45 PM  
Anonymous Anonymous said...

Wah konsep bisnisnya inovatif abis, menarik buat anak-anak apalagi sponsor..

Memang hanya orang-orang tertentu yang bisa menikmatinya, tapi, seandainya Anda adalah pemilik bisnis ini, berapa harga yang Anda tawarkan dengan investasi seperti itu?

December 31, 2007 7:06 AM  
Blogger atiek said...

hm, pertama dengar kidzania sebelum tahu harga tiketnya, gw pikir inovatif. karena menyenangkan melihat simulasi ekonomi dan profesi sambil bermain, jadi anak2 bisa tahu cita-citanya secara jelas, tidak menerka-nerka. Akhir-akhir ini memang hiburan hanya dimiliki orang-orang terpilih berdasarkan dalamnya kocek, kok. Tidak heran kidzania berani memasang harga tinggi, karena memang banyak yang beli kok. PAdahal sponsornya padat begitu. Atau memang biaya investasi dan operasionalnya yang Suanggett tinggi?
Kenapa Jakarta yang dipilih? karena org2 disini memang konsumtif apalagi urusan gengsi, prestise.
Tapi yang gw herankan kenapa dibelanjakan sih uang kidzos nya? kenapa ada unsur edukasi konsumerisme juga disana?

December 31, 2007 7:50 PM  
Blogger Batari Saraswati said...

kasihan ah, kecil2 sudah diperkenalkan pada permasalahan dunia.
biar saja main-main dulu, seneng-seneng dulu, kenal duitnya entar2 aja..

January 02, 2008 1:32 PM  
Blogger Floresiana Yasmin said...

waw. a really nice writing bin.
it almost like reading an article in KOMPAS Kehidupan.

menyimpan kejutannya di bagian akhir tulisan? haha. emang BIN, Brilliant Is my Nature. hehe.

March 13, 2008 9:25 PM  
Blogger None said...

W.O.W.
The truth behind the Kidzania..
nice writing!

*blogwalking..=p

April 02, 2008 5:25 AM  
Blogger Unknown said...

Gw pernah dener sih sekilas ttg kidzania,, gw pikir bagus.. edukatif bgt. Tapi jadi kurang setuju begitu tau ternyata mereka diperkenalin konsep "nyari duit".. Spakat sama batari, childhoods are meant to be fun. I guess it'll reduce their purity as children when they've understood about money. Hehehe..

Anw, awesome review.

*Bin,klo mau kump ankep ajak2 gw..Bentar lagi uas loh kita*

May 22, 2008 1:12 AM  
Blogger Kusumadita Amalia said...

just for have fun i guess..
:)

July 16, 2008 11:24 PM  
Anonymous Anonymous said...

It would be better to contact eBay and put up an alert utilising
the iPad whilst the keyword. Edmonton, Alberta
broke A YEAR AGO its all time freezing report that has been damaged.
The Microsoft "iPad" would have been a shiny unit.

Here is my website ... Cydia (http://takata.ibwebs.kr/bbs/?document_srl=232643)

June 18, 2014 3:00 AM  

Post a Comment

<< Home