Tuesday, January 15, 2008

3rd IECOM

Keluarga Mahasiswa Teknik Industri ITB (MTI ITB) kembali mengadakan sebuah acara kompetisi keprofesian yang berskala nasional. Kompetisi ini merupakan sebuah wujud pencarian sosok sarjana Teknik Industri ideal yang dilakukan oleh MTI.

Di kompetisi ini, ratusan mahasiswa teknik industri dari berbagai universitas berkompetisi untuk mendapatkan gelar yang terbaik di antara mereka. Bagi MTI, gelar yang terbaik ini tidak cukup diwujudkan dengan sebuah ide yang unggul, tetapi juga diwujudkan dengan keberpihakan pada masyarakat dan keinginan yang tinggi untuk berkontribusi. Karena itulah pada IECOM kali ini, berbeda dari tahun sebelumnya, para finalis yang notabene adalah mahasiswa TI terbaik di Indonesia, diajak untuk terjun langsung ke usaha menengah yang sedang berkembang.

Dengan berada langsung di sebuah usaha menengah dengan segala permasalahannya, diharapkan seorang calon sarjana TI memiliki pengalaman mengenali karakter organisasi yang merupakan salah satu tulang punggung perekonomian negaranya. Selama belajar di kelas, mungkin saja para mahasiswa belajar banyak keilmuan teknik industri dengan berbagai model yang sebagian besar diimpor. Di IECOM, mereka akan mengukur sendiri seberapa banyak ilmu yang mereka miliki bisa membantu menyelesaikan permasalahan yang dialami perusahaan start-ups di Indonesia secara real.

Pemilik PT Taka Machinery Indonesia (TMI) Ir. Denni Andri, mendukung penuh ide kompetisi ini. Sebagai founder & CEO TMI yang bergerak di bidang turbine and pump services, beliau mengharapkan IECOM dapat memberikan masukan dalam upaya mengembangkan usahanya. Usaha yang dirintisnya sejak tahun 1997 ini sekarang memiliki 77 orang karyawan dan akan pindah ke pabrik yang lebih besar.

Beberapa perubahan lain juga terjadi di IECOM kali ini. Untuk menjaring peserta yang lebih luas, pendaftaran dilakukan secara online melalui web. Terbukti, 62 tim @ 4 orang dari 15 universitas di Indonesia terdaftar sebagai peserta. Dengan sebuah seleksi online yang dilakukan secara real-time di website resmi IECOM, tersaringlah 20 tim terbaik dari 12 universitas yang akan mengikuti putaran final di Kampus ITB.

Di kampus ITB, peserta akan mengikuti Seminar Sehari bertema Corporate Competitiveness, dan mengikuti dua hari penyisihan untuk menghasilkan 5 tim finalis. Di penyisihan yang terdiri atas dua tahap itu, peserta akan menjalani tes tertulis dan sebuah game pengambilan keputusan. Diharapkan game pengambilan keputusan ini menjadi sebuah warna baru di IECOM, yang menguji peserta untuk membuat strategi dengan informasi dan waktu yang terbatas.

Para finalis kemudian akan memiliki 4 hari untuk mendalami permasalahan di TMI dan merumuskan solusi beserta rencana implementasinya. Pada hari Sabtu, 26 Januari 2008 di Kampus ITB, Dewan Juri yang terdiri atas Bapak Dr. Ir. Drajad Irianto, M.Eng (Ketua Dewan Juri, Dosen TI ITB), Ibu Dr. Ir. Docki Saraswati, M.Eng (Dekan Fakultas Teknologi Industri Univ. Trisakti), Bapak Ir. Denni Andri (CEO TMI), Bapak Dedi Mulyadi, M.Si (Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri, Dept. Perindustrian), Ibu Ir. Yani Panigoro, MM (Komisaris Utama Sarana Jabar Ventura) akan menilai proses dan hasil kerja finalis selama 4 hari di bawah bimbingan langsung pihak TMI.

Keluarga Mahasiswa Teknik Industri ITB berharap kompetisi ini tidak hanya menjadi ajang perebutan prestise dan benchmarking di antara para peserta, tetapi juga bisa menjadi ajang silaturahmi mahasiswa TI yang memberikan wawasan lebih mengenai berbagai corak pendidikan teknik industri di Indonesia. Dalam acara ini peserta juga diajak berbagi mengenai keilmuan TI dan kegiatan mahasiswa di kampus masing-masing. Dengan acara yang dikemas penuh keramahan dan keakraban, diharapkan network yang terbangun setelah IECOM ini bisa menjadi wadah kerjasama yang nyata di masa depan.

Labels: , , ,

10 Comments:

Blogger Batari Saraswati said...

semoga 3rd IECOM-nya lancar! amiin.

January 18, 2008 4:03 PM  
Anonymous Anonymous said...

Waw,it's the best concept of IECOM so far!! Good material, good objects, good methodology, and [very] good judges! Hope everything will go as plan. Gudlak yah!! Maap ga bisa bantu-bantu, huhu,,

January 18, 2008 6:38 PM  
Anonymous Anonymous said...

asw...

first of all, congrats ya, IECOM kmrn sukses besar, panitia senang, peserta riang!!!wkekeke:)

oh ya bin, sekedar comment aja sih, sapa tau bs jd bhn koreksi panitia, bwt kesuksesan IECOM thn2 yg akan datang, amien:) (curhat niy ceritanya..:)
Kita sempet agak kecewa waktu hari ke 2 ternyata soal nya masih teori. Padahal qta ga ada prepare sama sekali bwt yg begituan (coz disebutkan sm panitia hari ke2 bakalan "Game Strategi", n as far as we know, IECOM tuh dr dulu2 imagenya lebih aplikatif (dari LKTI)) Emang sih ada benernya bwt nge-reduce unsur hoki n gambling!:)

Ada lagi, materi2 yg kmrn keluar bener2 materi yg qta blm pernah dapet... (BKSTInya terlalu global? ato BKSTInya beda kali yeee...hehe) akhirnya qta bener2 learning by doing di tempat, alias nyari dari buku..he2. Kyk materi teorema Palm, QC, probabilitas..huhuhuh (ih,mo nangis!!hehe)

oh ya, thank kyu bwt a wise decision yg akhirnya ga ngebolehin peserta bwt open apapun di stage 3 hari 1, wkekekkee:) ketauan bgt anak UGM malez bawa buku berat2!!( hehhehe)

ok deh, thx kyu bwt semuanya.. sukses bwt tmn2 di ITB, salam jitak bwt om Ben, hehehehe

sukses bwt skripsinya, boncurage, bin!!:)

January 28, 2008 12:38 PM  
Anonymous Anonymous said...

ahahaha di-update juga akhirnya ni blog..
sibuk bgt kynya bin?

January 29, 2008 5:35 PM  
Blogger Dian Amelina said...

Wah,akhirnya kerjaan kita beres juga ya Bin. Kapan makan2 tim materi?Hehehe... ;p

February 01, 2008 11:58 AM  
Anonymous Anonymous said...

selamat bung bin..

iecom ke 3 kemaren terlihat makin bagus dan matang :)

tetep dijagain ya anak2 :)

February 03, 2008 1:31 AM  
Blogger Zulfadlillah said...

banyak pembelajaran yang saya peroleh ketika satu tim dengan anda!!semangat selalu...

February 03, 2008 10:42 AM  
Blogger binsblogs said...

Terimakasih untuk kometar2 membangun nya.. IECOM kemarin memang penuh pembelajaran baik secara materi maupun secara kerja tim.

Untuk teman2 yg mengharapkan soal 'Bukan Teori' di hari kedua IECOM kemarin, memang ternyata soal2 itu bukan teori, alias studi kasus... Mungkin memang kasus2 itu perlu dasar teori untuk menyelesaikannya.

Sebagai informasi, kasus yang ada di hari kedua, sebagian besar nyata, jadi solusi yang teman2 berikan bisa ditindak lanjuti, termasuk yang membutuhkan Palm Theory itu! Itu kasus nyata lho..

Mudah2an upaya untuk membuat IECOM ini terus lebih aplikatif (tidak hanya final nya yg benar2 nyata, tetapi penyisihannya juga) bisa berkembang terus ke depannya.


Mudah2an bisa kita ambil manfaatnya ya.

Terimakasih atas support teman2 semua.

Timmat, kapan kita makan2?? kapan? kapan? hahahahahaha kapan ya..

February 03, 2008 11:27 AM  
Anonymous Anonymous said...

Hahaha. Semangat dan Selamat lah, Om Bin :)

Great work!

February 14, 2008 3:10 PM  
Blogger Big Bang Penerbit said...

Zttttā€¦, istirahat sejenak. Rasakan dahsyatnya PENCERAHAN dari buku MUSLIMONOT di blog kami. Ayo mampir dulu!

August 20, 2008 10:51 PM  

Post a Comment

<< Home